Partai Kaipang

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Partai Kaipang
Pengemis. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Perkumpulan Kaipang adalah perkumpulan yg terdiri dari para pengemis. 

Pendiri Perkumpulan Kaipang, adalah seorang tanpa nama dengan jurus tanpa bentuk dari sekumpulan orang-orang miskin, menderita, dan tertindas.

Sebuah kisah menceritakan bahwa pendiri Partai Kaipang adalah seorang bangsawan yang sengaja menyamar menjadi pengemis untuk menolong para rakyat yang menderita dan ditindas. 

Prinsip dasar Perkumpulan Kaipang adalah menolong orang yang ditindas, dan mengetuk hati para orang berpunya dengan mengemis.

Dari pertapaannya sebagai pengemis, tokoh ini mendapatkan pencerahan, sebuah ilmu silat baru, dengan jurus tanpa bentuk, yang gerakannya diambil dari gerak laku pengemis.

Karena para pengemis Kaipang ini membantu rakyat melawan perampok dan pasukan kerajaan yang sewenang-wenang, banyak bangsawan yang merasa simpati ikut lalu membantu mereka.

Anggota Partai Kaipang dapat dengan mudah dikenali, karena mereka akan selalu memakai pakaian lusuh yang kotor khas gembel, sambil membawa sebatang tongkat kayu sebagai senjata mereka. 

Tongkat tersebut dikenal dengan nama "Tongkat Pemukul Anjing", sekali pukul si anjing langsung melolong kesakitan dan akhirnya mati.

Anggota Partai Pengemis terdiri atas para fakir miskin yang menggantungkan hidupnya dari belas kasih orang lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News