Partai Kecil Himpun Kekuatan

PDP Rayakan Ultah Kelima

Partai Kecil Himpun Kekuatan
Ketua Harian Pimpinan Kolektif Nasional Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) Roy BB Janis (tengah) berbincang dengan Ketua Dewan Presidium Forum Persatuan Nasional Oesman Sapta (dua kiri), Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Sutiyoso (kiri) dan Ketua Umum PNI Marhaenisme Sukmawati Soekarnoputri (dua kanan) serta bendahara PDP, Noviantika Nasution (kanan) pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-5 PDP, Rabu (1 Des 2010) di Jakarta. HUT PDP ke 5 juga digelar digelar seminar nasional dengan tema "Pemilu 2014 Jangan Manipulasi Suara Rakyat". Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos
JAKARTA - Tak semua parpol guram tertarik merapat ke partai-partai besar. Ketua Dewan Presidium Forum Persatuan Nasional (FPN) Oesman Sapta Odang mengajak parpol-parpol nonparlemen hasil Pemilu 2009 menyatukan kekuatan guna menghadapi Pemilu 2014.

Ajakan wakil ketua MPR 1999-2004 itu terutama ditujukan kepada 17 parpol yang selama ini berhimpun ke FPN. "Jika kita bersatu, tingkat derajat kita akan naik. Jika pecah, mustahil akan mampu bersaing dan kita bakal disebut partai liliput (kecil, Red)," ujar Oesman Sapta dalam seminar nasional Harlah Kelima Partai Demokrasi Pembaruan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, kemarin (1/12).

Menurut ketua umum Partai Persatuan Daerah itu, secara matematis kekuatan 17 parpol di FPN jika tetap utuh sangat signifikan. Mengacu pada hasil Pemilu 2009, kekuatan riil politik partai-partai yang tergabung sekitar 13 persen.

Pada Pemilu 2014, Osman memperkirakan, paling tidak dukungan suara minimal yang masih bisa dipertahankan 7,5 persen. "Itu perkiraan realistis. Jika itu yang terjadi, kita masih di atas perolehan partai menengah sekarang ini," tambahnya.

JAKARTA - Tak semua parpol guram tertarik merapat ke partai-partai besar. Ketua Dewan Presidium Forum Persatuan Nasional (FPN) Oesman Sapta Odang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News