Partai Sarkozy Kalah Telak

Partai Sarkozy Kalah Telak
Nicolas Sarkozy. Foto: Telegraph.co.uk.
PARIS - Ini peringatan awal bagi Nicolas Sarkozy jika ingin bertarung lagi dalam pemilu presiden 2012. Popularitas presiden Prancis itu ternyata anjlok di mata rakyat. Indikasinya adalah kekalahan partai yang dipimpin politikus 55 tahun tersebut dalam putaran pertama pemilihan regional pada Minggu (14/3).

Di antara 96 persen suara masuk yang telah dihitung, partai yang dikomandoi Sarkozy, Partai Uni Pergerakan Populer (UMP), yang beraliran kanan tertinggal jauh dari partai-partai kiri. Dipimpin Partai Sosialis, blok kiri merebut 53,6 persen suara. UMP dan blok kanan hanya berada di posisi kedua dengan 39,8 persen.

Memang masih ada putaran kedua pada 21 Maret mendatang. Namun, UMP dan partai-partai kanan justru diperkirakan semakin tertinggal dari blok kiri pimpinan Partai Sosialis.

Pemilihan regional bertujuan untuk memilih para pemimpin region (semacam provinsi). Pada pemilihan 2004, blok kiri menang di 20 di antara 22 region di Prancis daratan. Total Negeri Anggur itu memiliki 26 region, termasuk wilayah seberang lautan mereka.

PARIS - Ini peringatan awal bagi Nicolas Sarkozy jika ingin bertarung lagi dalam pemilu presiden 2012. Popularitas presiden Prancis itu ternyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News