Partai Separatis Kuasai Parlemen Catalunya

Partai Separatis Kuasai Parlemen Catalunya
Ribuan warga Catalunya berdemonstrasi memprotes pemerintah Spanyol. Foto: AFP

jpnn.com, BARCELONA - Dengan lebih dari 99 persen suara dihitung, partai-partai pro-kemerdekaan memenangkan total 70 kursi dalam pemilu regional Catalunya.

Namun, partai Citizens (Cs) yang ingin Catalunya tetap menjadi bagian semi-otonom Spanyol mendapat kursi terbanyak. Akibatnya, tidak jelas siapa yang akan diberi hak untuk membentuk pemerintahan.

Citizens memenangkan 36 kursi dari 135 kursi. Pemimpinnya, Inés Arrimadas mengatakan kepada BBC bahwa partainya menang dan mengatakan bahwa pembentukan koalisi akan sulit dilakukan.

Sementara Perdana Menteri Mariano Rajoy, yang memihak penghapusan otonomi Catalunya, diproyeksikan hanya menang tiga kursi di parlemen yang baru. Jumlah itu turun dari 11 dalam pemilihan 2015 lalu.

Jumlah pemilih sendiri tercatat lebih dari 80 persen. Angka itu merupakan rekor pemilihan tertinggi daerah Catalunya.

Berbicara di Brussels, eks presiden Catalunya Carles Puigdemont yang sedang dalam pengasingan mengatakan bahwa republik Catalunya telah menang dan negara Spanyol telah dikalahkan.

Pemerintah Madrid diketahui melucuti Catalunya dari otonomi dan menyerukan pemilihan tersebut setelah mengumumkan referendum kemerdekaan Oktober secara ilegal. (mel/rmol)


Dengan lebih dari 99 persen suara dihitung, partai-partai pro-kemerdekaan memenangkan total 70 kursi dalam pemilu regional Catalunya


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News