Pasangkan Ulos di Pinggang Ganjar, Masyarakat Batak Simalungun siap Berjuang Bersama

Pasangkan Ulos di Pinggang Ganjar, Masyarakat Batak Simalungun siap Berjuang Bersama
Bakal capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo dipasangi ulos pada bagian pinggangnya saat mengunjungi Museum Simalungin di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (11/11/2023). Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, PEMATANG SIANTAR - Bakal capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo melakukan safari di wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada akhir pekan ini.

Pada Sabtu (11/11/2023), gubernur Jawa Tengah (Jateng) periode 2013-2018 dan 2018-2023 itu mengunjungi Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Salah satu lokasi yang dikunjungi Ganjar ialah Museum Simalungun di Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Ganjar.

Begitu tiba di Museum Simalungun, Ganjar langsung disambut tarian Tortor Sombah. Tarian itu merupakan bentuk penghormatan masyarakat Batak Simalungun kepada raja, tamu, dan kerabat dekat.

Selain disambut dengan tortor, bakal capres yang didukung PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu juga diberi ulos. Tokoh masyarakat Simalungun Djomen Purba memasangkan ulos di pinggang Ganjar.

"Pakaian adat biasanya dipakai komplet, tetapi kali ini kami beri kain ulos yang kami ikatkan ke pinggang Pak Ganjar. Ini sebagai simbol kita siap bekerja atau berjuang," kata Djomen.

Ganjar pun merasa sangat terhormat dengan ulos pemberian masyarakat Batak Simalungun tersebut.

"Saya baru tahu cara pemasangan berbeda. Ada yang diselempangkan, ada yang diikat. Filosofinya ternyata kalau orang mau bekerja, mereka bilang horja. Horja artinya kerja,” katanya.

Bakal capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo melakukan safari di wilayah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar di Sumut pada akhir pekan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News