Pasar Bunga Kayoon Tetap Menjanjikan

Pasar Bunga Kayoon Tetap Menjanjikan
Salah satu bunga yang ditawarkan di Pasar Bunga Kayoon. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Siapa sangka pasar bunga Kayoon ternyata tersohor sampai luar pulau dan luar negeri. Selain memenuhi kebutuhan warga kota, bunga-bunga dari pasar Kayoon ternyata juga dikirim ke Balikpapan, Medan, bahkan Timor Leste. 

Asmaul Husna, salah seorang pedagang, mengirim bunga seminggu sekali. Ada beragam jenis bunga yang dikirim. Semua bergantung daerahnya. Antara satu daerah dan daerah lain berbeda keinginan. ''Tidak bisa disamaratakan,'' katanya. 

Misalnya, bunga aglonema dan anggrek, pangsa pasar terbesar bukan di dalam negeri, tapi di luar negeri. Asmaul mengatakan, bunga dari Surabaya dikenal lebih segar dan indah. Wajar jika permintaannya cukup tinggi. ''Kami juga sering menerima pesanan untuk event internasional,'' ucapnya. 

Misalnya, event UCLG ASPAC 2018 pekan lalu. Sebagian besar bunga yang dirangkai pada event tersebut berasal dari Kayoon. Bisa jadi, pedagang turut mendapat berkah dari event itu. Selain itu, rangkaian bunga hasil karya pedagang dilihat ratusan delegasi negara yang hadir di event tersebut. 

Pedagang di pasar itu juga menjual dan meminjamkan bunga plastik. Bunga tersebut biasa digunakan untuk dekorasi gedung atau mobil. (riq/c7/ady) 

Misalnya, bunga aglonema dan anggrek, pangsa pasar terbesar bukan di dalam negeri, tapi di luar negeri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News