Pasar Saham Dunia Mulai Pulih

Pasar Saham Dunia Mulai Pulih
Pasar Saham Dunia Mulai Pulih
JAKARTA - Pemerintah dan investor saham mulai lega. Berbagai jurus untuk menghindarkan jebloknya pasar saham di tanah air mulai menuai hasil. Tren positif Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan sore kemarin memperlihatkan kestabilan. Ini diprediksi sebagai pertanda kepercayaan membaik dan gejolak saham mulai reda.

Meski sedikit memperlihatkan penurunan jika dibandingkan dengan harga pada penutupan sesi siang, indeks akhirnya ditutup pada level 1.555,967, menguat 94.094 poin atau 6,44 persen daripada penutupan sebelumnya. Sejak pagi, indeks harga saham dibuka positif. Dibuka naik 66,850 poin atau 4,577 persen ke posisi 1.528,723. Menjelang penutupan sesi pertama, indeks terus bergerak naik ke level 1.560,085.

Transaksi harian kemarin sebenarnya relatif minim, yaitu hanya Rp 1,8 triliun; masih di bawah rata-rata transaksi harian yang berkisar Rp 5 triliun. Sebanyak 165 saham mengalami kenaikan harga, 50 saham longsor, dan 39 lainnya tidak berubah.

Sektor konsumer, infrastruktur, finansial, dan aneka industri menjadi katalis bagi pergerakan positif di lantai bursa. Indeks sektoral di sektor-sektor tersebut terkerek variatif, mulai 6,6 persen sampai dengan 8,77 persen. Pergerakan indeks paralel dengan menghijaunya bursa regional dan global.

JAKARTA - Pemerintah dan investor saham mulai lega. Berbagai jurus untuk menghindarkan jebloknya pasar saham di tanah air mulai menuai hasil. Tren

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News