Pasca Bencana, Pasien di RSUD Jayapura Meningkat

Pasca Bencana, Pasien di RSUD Jayapura Meningkat
Pasca Bencana, Pasien di RSUD Jayapura Meningkat

jpnn.com - JAYAPURA - Pasca bencana banjir dan tanah longsor di Distrik Jayapura Utara (Japut), jumlah pasien yang berobat ke RSUD Jayapura meningkat. Pasien yang berobat ke RSUD Jayapura pada umumnya menderita ISPA dan diare.

Wakil Direktur Pelayanan Medis RSUD Jayapura dr Anthon Motte, mengakui bahwa jumlah pasien yang berobat ke RSUD Jayapura sejak, Minggu (23/2), mengalami peningkatan dua kali lipat.

Jika biasanya rata-rata pasien yang berobat hanya 40 sampai 50 orang, tetapi pasca banjir dan tanah longsor jumlahnya lebih dari 100 orang.

"Warga yang datang berobat ini rata-rata berasal dari lokasi bencana banjir dan tanah longsor yaitu APO, Kloofkamp dan Dok V Yapis," ungkapnya kepada Cenderawasih Pos (JPNN Grup), Rabu (26/2).

Meskipun RSUD Jayapura sudah menerapkan sistem rujukan, namun masih cukup banyak pasien yang langsung berobat ke RSUD Jayapura lantaran masih ada beberapa Puskesmas di Kota Jayapura yang tidak melayani masyarakat pada sore dan malam hari.

"Akhirnya banyak yang langsung datang ke IGD untuk berobat. Hal ini masih kami maklumi karena memang kondisi cuaca akhir-akhir ini yang tidak memungkinkan," ucapnya. (cak/nat)


JAYAPURA - Pasca bencana banjir dan tanah longsor di Distrik Jayapura Utara (Japut), jumlah pasien yang berobat ke RSUD Jayapura meningkat. Pasien


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News