Pasek: Inisiator Walk Out Fraksi Demokrat Harus Dipecat

Pasek: Inisiator Walk Out Fraksi Demokrat Harus Dipecat
Pasek: Inisiator Walk Out Fraksi Demokrat Harus Dipecat

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat, I Gede Pasek Suardika menyatakan inisiator walk out mayoritas anggota FPD saat Sidang Paripurna RU Pilkada harus diperiksa dijatuhi sanksi pemecatan.

Dorongan ini disampaikan Pasek karena dia menilai elit partainya tidak mampu menerjemahkan instruksi Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelum ke luar negeri.

Sebagai pihak yang tidak ikut WO, Pasek mengaku berpegang kepada instruksi SBY mendukung PIlkada langsung. Seharusnya, kata Pasek, opsi itu yang diperjuangkan fraksinya di DPR.

"Kalau memang ada elit (PD) yang berpikir berbeda, walkout, saya yakin itu tidak memahami cara berpikir Pak SBY. Di situ kan ada Syarief Hasan stndby, ada Ketua Fraksi, ada Wakil Ketua Umun Jhonny Alen, Max Sopachua. Kalau semua itu tidak mampu menerjemahkan, memang harus diperiksa," kata Pasek di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (29/9).

Diakui Pasek, Komisi Pengawas DPP PD sudah melakukan pemanggilan terhadap sejumlah kader, Senin (29/9), termasuk dirinya dan Ruhut Sitompul. Hanya saja dia tidak tahu persis siapa saja yang dipanggil Komwas untuk diperiksa mengenai insiden WO tersebut.

"Ini (WO) kan blunder terbesar yang merusak nama Pak SBY. Bagi saya penanggungjawabnya harus dipecat, inisiatornya harus dipecat. Tapi tidak tahu lah kalau yang lain," tegas Pasek.

Saat disebut Nurhayati sudah mengaku sebagai inisiator WO, politikus asal Bali ini balik mempertanyakan sikap pertanggungjawaban Nurhayati. Karena menurutnya nama baik SBY dan partai harus dikembalikan.

"Sekarang real tanggung jawabnya apa? Kan begitu sekarang. Untuk memulihkan nama baik Pak SBY apa? Memulihkan nama Partai Demokrat yang utama. Kan nggak cukup hanya bilang mau tanggung jawab. Pertanggungjawaban politiknya apa?" tandasnya. (fat/jpnn)

JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat, I Gede Pasek Suardika menyatakan inisiator walk out mayoritas anggota FPD saat Sidang Paripurna RU Pilkada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News