Pasien Sakit Jiwa Melonjak

Pasien Sakit Jiwa Melonjak
Pasien Sakit Jiwa Melonjak
BANDA ACEH – Meningkatnya jumlah pasien penyakit jiwa di Aceh, membuat pasien yang merujuk rawat inap di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) tidak tertampung. Kendati begitu, RSJ tetap menampung para pasien, meski harus berdesakan dalam satu ruangan rawat.

Direktur RSJ Aceh, Saifuddin AR yang dikonfirmasi Rakyat Aceh (Grup JPNN) kemarin mengatakan, pasien rawat inap di RSJ Aceh saat ini berjumlah 645 orang. Jumlah pasien ini melebihi kapasitas tamping. Idealnya daya tamping RSJ sekarang 300 pasien.

Saifuddin mengatakan, kondisi daya tampung RSJ yang tak sesuai dengan jumalah pasien rawat inap sudah berlangsung bertahun-tahun.  “Daya tampung rawat inap RSJ itu melebihi kapasitas dan kami terpaksa menempatkan penderita gangguan jiwa  dalam ruangan dengan kondisi berdesak-desakan," katanya.

Ditanya, upaya dan solusi penampunag serta pelayanan terhadap pasien, Direktur RSJ ini mengatakan, sedang mengupayakan rumah sakit yang ada di Jantho, untuk menampung para pasien rawat ina. Kita sudah ajukan kerjasama. Ini sedang kita bicarakan serta  dibahas dengan gubernur, Bupati Aceh Besar, Mungkinpada 2012, rumah sakit di jantho juga bisa menampung pasien penyakit jiwa,” jelasnya.

BANDA ACEH – Meningkatnya jumlah pasien penyakit jiwa di Aceh, membuat pasien yang merujuk rawat inap di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) tidak tertampung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News