Pasokan Jagung 2018 Dipastikan Aman Hingga Akhir Tahun

Pasokan Jagung 2018 Dipastikan Aman Hingga Akhir Tahun
Jagung yang siap dipanen. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) meyakinkan supply jagung sangat aman. Direktur Serealia, Ditjen Tanaman Pangan Kementan Bambang Sugiharto menyatakan bahwa berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) disimpulkan produksi dan pasokan jagung tahun 2018 surplus sebesar 12 juta ton pipilan kering (PK).

Perhitungan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menyimpulkan realisasi luas tanam bulan Juni-September 2018 mencapai seluas 1.318.284 hektare, dengan perkiraan panen bulan September - Desember seluas 1.263.170 hektare. Dari perhitungan tersebut, diprakirakan produksi yang dihasilkan sebesar 7,18 juta ton PK. Dari sisi konsumsi, diperkirakan pada bulan tersebut kebutuhannya mencapai 5,13 juta ton PK yang terdiri untuk konsumsi langsung, industri pakan, peternak layer, industri pangan lainnya dan produksi benih.

"Artinya dari hitungan itu saja, kita masih ada surplus 2,05 juta ton PK di periode bulan September-Desember. Kondisi tersebut menunjukkan suplai jagung akan tetap aman sampai akhir tahun," tegas Bambang saat ditemui di kantornya, Jumat (28/09).

Bambang mengatakan bahwa pemantauan di lapangan posisi panen besar sudah mulai terjadi di berbagai daerah antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Gorontalo. Bahkan, survey bersama tim satgas pangan dengan tim Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan pada awal September menunjukkan panen sudah mulai terjadi besar-besaran di Kabupaten Bantaeng dan Jeneponto.

Panen di Sulsel diperkirakan akan mencapai 25.000 hektare di bulan September ini. Total produksi September di Sulsel diperkirakan mencapai 87.000 ton. Sedangkan di Jawa Timur Oktober - November panen jagung diperkirakan akan mencapai berturut turut 79.000 ha dan 111.000 ha. Total produksi Jawa Timur di dua bulan ke depan diperkirakan akan mencapai 320 ribu ton dan 699.000 ton.

Menurut perhitungan Kementan, dari data SP BPS-Percepatan Penyediaan Data (PPD) yang di update setiap bulan, periode September-Oktober, dipredikasikan akan ada panen seluas 540 ribu hektare. Panen jagung di bulan September tersebar di beberapa wilayah sentra seperti Tuban, Sumbawa, Janeponto dan Bantaeng.

Sebenarnya panen dan produksi jagung berlangsung sepanjang tahun. Siklus tahunan produksi jagung menunjukkan bahwa puncak panen utama terjadi pada bulan Februari-April, puncak panen ke dua pada Juli-Agustus dan puncak panen ke tiga pada Oktober-Desember awal.

“Pemantauan tim dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menunjukkan panen jagung akan meluas lagi pada bulan Oktober hingga awal Desember. Periode ini merupakan puncak panen ke 3 dalam tahun ini," ungkap Bambang. “Pengamatan kita selama ini juga menggunakan drone sehingga benar-benar dapat terpetakan secara utuh sebaran luas pertanaman jagung”, ungkap Bambang lebih lanjut.

Kementerian Pertanian (Kementan) meyakinkan supply jagung sangat aman hingga akhir tahun nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News