Pastikan Sistem CAT untuk UKG Memudahkan CPNS

Pastikan Sistem CAT untuk UKG Memudahkan CPNS
Pastikan Sistem CAT untuk UKG Memudahkan CPNS

jpnn.com - JAKARTA - Peserta tes CPNS yang akan menjalani uji kompetensi guru (UKG) tidak perlu khawatir bila selama ini hanya berlatih di simulasi computer assisted test (CAT). Sebab, pada dasarnya UKG tidak jauh berbeda dengan CAT milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menurut Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman, sistem CAT BKN dan CAT UKG Kemendikbud hampir sama. “Hanya saja, sistem UKG dapat menggunakan keyboard komputer dalam pengoperasiannya, dan hanya tombol-tombol tertentu yang berfungsi sehingga memudahkan," katanya di Jakarta, Sabtu (13/9).

Herman menelaskan, dengan sistem CAT dari UKG maka peserta tes saat memberikan jawaban bisa memencet tombol pada keyboard komputer. Misalnya jika peserta hendak menjawab pilihan “A” maka tinggal memencet huruf “a” di keyboard. Sedangkan untuk melanjutkan soal berikutnya, peserta hanya menekan tombol spasi.

Peserta tes dapat melihat indikator soal mana saja yang belum dijawab. Indikator itu terletak di bagian kanan berupa 100 kotak kecil bertuliskan nomor soal. Jika belum dijawab, maka menunjukkan warna merah. Sementara untuk soal yang sudah dijawab, indikator akan berwarna hijau.

Sementara jika ingin mengubah jawaban, tinggal meng-klik nomor yang ingin diganti jawabannnya.

"Namun, jika pelamar tidak nyaman menggunakan keyboard, maka dapat menggunakan mouse pada komputer. Hanya mengklik tulisan jawaban A, B, C, D atau E untuk menjawab. Untuk melanjutkan soalnya dapat mengklik tanda satu panah di kanan pada bagian kanan atas," bebernya.

Peserta tes juga dapat melihat berapa waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal. Jadi bisa mengatur waktu untuk dapat menjawab semuanya. Jika telah usai mengerjakan semua pertanyaan, dapat memilih gambar telapak tangan pada bagian kanan atas.

"Fasilitas UKG tersebar di 33 provinsi, dan ada di hampir seluruh kabupaten/kota, sehingga pelaksanaan tes CPNS yang menggunakan fasilitas UKG bisa dilaksanakan di lokasi terdekat," tandasnya.(esy/jpnn)

JAKARTA - Peserta tes CPNS yang akan menjalani uji kompetensi guru (UKG) tidak perlu khawatir bila selama ini hanya berlatih di simulasi computer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News