Pasukan Saleh Bombardir Para Tetua Suku

Pasukan Saleh Bombardir Para Tetua Suku
Pasukan Saleh Bombardir Para Tetua Suku
SANAA - Presiden Ali Abdullah Saleh sama sekali tak mengindahkan seruan masyarakat internasional. Sehari setelah memerintahkan penangkapan para tetua suku Yaman, pemimpin 65 tahun itu menginstruksikan serangan udara kemarin (26/5). Targetnya masih sama, para tetua suku dan warga sipil pendukung oposisi.

Beberapa pesawat tempur terlibat dalam serangan udara yang dilancarkan di Provinsi Naham tersebut. Dalam waktu singkat, kawasan di sebelah timur laut Kota Sanaa itu berubah menjadi medan perang. Para tetua suku yang menjadi target utama serangan mematikan itu pun tak tinggal diam. Mereka menggerakkan pasukannya untuk membalas serangan militer yang loyal terhadap Saleh tersebut.

Sejumlah warga sipil menjadi korban dalam bentrok tak seimbang tersebut. Namun, jumlah pasti korban yang tewas dan terluka masih belum bisa dipastikan. Sejak bentrok pasukan pemerintah dan kelompok-kelompok kesukuan pecah Senin lalu (23/5), tak kurang dari 100 orang tewas. Baik dari kubu pemerintah maupun oposisi.  Sedangkan, jumlah korban yang terluka dilaporkan ratusan.   

Kendati demikian, para pejuang Suku Hashid, suku paling dominan di Yaman, berhasil merebut kamp militer milik Garda Republik. Bahkan, mereka juga berhasil menewaskan komandan lapangan pasukan elit pemerintah tersebut. "Untuk sementara, kami bisa mencegah pasukan pemerintah bergerak ke ibu kota," ujar Sheikh Ali Saif, salah seorang tetua berpengaruh di Naham.

SANAA - Presiden Ali Abdullah Saleh sama sekali tak mengindahkan seruan masyarakat internasional. Sehari setelah memerintahkan penangkapan para tetua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News