Pasukan TNI AD Sudah Bergerak ke Perbatasan RI - Malaysia, Hati-hati!

Pasukan TNI AD Sudah Bergerak ke Perbatasan RI - Malaysia, Hati-hati!
Pasukan TNI AD bersiap naik KRI Teluk Amboina - 503 dalam rangka pengamanan perbatasan darat antara RI dan Malaysia di Kalimantan. Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu unsur Kapal Perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), KRI Teluk Amboina - 503 siap melaksanakan operasi pergeseran pasukan TNI AD dalam rangka pengamanan perbatasan darat antara RI dan Malaysia di Kalimantan.

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tingkatkan kewaspadaan serta perhatikan keamanan personel dan material,” kata Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto kepada Komandan KRI Teluk Amboina-503 saat melepas keberangkatan di dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (15/2) pekan lalu.

BACA JUGA: Keren! Pasukan TNI di Lebanon Mendapat Perhatian Dunia

KRI Teluk Amboina-503 yang dikomandani Letkol Laut (P) Wishnu Ardiansyah ini mengangkut satu batalyon personel pasukan TNI AD lengkap dengan perlengkapannya.

Menurut Komandan KRI saat dihubungi mengatakan bahwa kapalnya dalam kondisi siap melaksanakan operasi, baik kondisi teknis maupun dukungan perbekalan meliputi bahan bakar, bahan makanan dan air tawar.

KRI Teluk Amboina-503 merupakan kapal jenis Landing Ship Tank buatan Jepang tahun 1960, hingga saat ini masih menjadi andalan Kolinlamil dalam melaksanakan tugas pokok dalam operasi tempur maupun operasi dukungan lain.

Kapal yang memiliki bobot 4.198 ton ini dibangun di galangan kapal Sasebo Dock Yard, Jepang, dimana peletakan lunas pertama pada tgl 14 Oktober 1960. Dalam waktu sekitar 5 bulan, atau tepatnya tanggal 17 Maret 1961, kapal ini diluncurkan dan tiba di Indonesia pada bulan Juni 1961.

Setelah mengabdi di jajaran satuan kapal Komando Armada RI, mulai 17 September 1977 KRI Teluk Amboina-503 resmi masuk jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) hingga sekarang.(jpnn)


Salah satu unsur Kapal Perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), KRI Teluk Amboina - 503 siap melaksanakan operasi pergeseran pasukan TNI AD dalam rangka pengamanan perbatasan darat antara RI dan Malaysia di Kalimantan.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News