Patung Tertinggi Bung Karno di Dunia Bakal Diresmikan di Semarang

Patung Tertinggi Bung Karno di Dunia Bakal Diresmikan di Semarang
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Patung tertinggi Proklamator RI Bung Karno akan diresmikan di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/9).

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri bersama keluarganya, serta jajaran direksi dan mantan petinggi PT Kereta Api Indonesia (KAI) dijadwalkan akan hadir di acara itu.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai kehadiran patung yang dibangun PT KAI itu akan menjadi pengingat di tengah masyarakat.

Hasto mengharapkan patung tersebut bisa mendorong masyarakat untuk berjuang mewujudkan cita-cita pendiri bangsa, yakni Indonesia Raya yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Ibu Megawati akan ikut hadir dalam acara peresmian. Karena pandemi Covid-19, beliau dan keluarga hadir secara daring. Ibu Megawati direncanakan memberikan sambutan," kata Hasto dalam siaran pers, Rabu (29/9).

Hasto melanjutkan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Semarang dan PT KAI atas dibangunnya patung Soekarno itu. PT KAI akan selalu menjadi bagian dari sejarah bangsa.

Hasto mengingatkan di masa-masa awal kemerdekaan, tepatnya 3 Januari 1946, Soekarno-Hatta melakukan perjalanan hijrah bersejarah ke Yogyakarta menumpangi kereta api.

Perjalanan yang itu dilakukan di tengah kuatnya pengawasan penjajah Belanda yang masih berjejak di Nusantara saat itu, tetapi berhasil diwujudkan.

Patung tertinggi Proklamator RI Bung Karno yang dibangun PT KAI akan diresmikan di Semarang. PDIP menyampaikan terima kasih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News