PDIP dan Golkar Masih Unggul Seperti Pemilu 2019

PDIP dan Golkar Masih Unggul Seperti Pemilu 2019
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo saat menghadiri perayaan HUT ke-58 Partai Golkar di Jakarta, Jumat (21/10/2020). Foto: Dok.Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan tertinggi disusul Partai Golkar dibandingkan partai politik lainnya.

Kedua partai ini sudah mendapatkan dukungan di atas 10 persen.

Jika pemilu dilakukan pada saat survei dilakukan, maka PDIP mendapatkan dukungan sebesar 20.9 persen sedangkan Golkar meraih 14.5 persen.

Di tempat ketiga ada Gerindra dengan  dukungan sebesar 9.8 persen. Selanjutnya, PKS dengan dukungan sebesar 8.3 persen, PKB sebanyak 5.9 persen, dan Demokrat dengan dukungan sebesar 5.4 persen.

"Kemudian NasDem 3,9 persen, dan ada partai-partai lain seperti Perindo yang kemarin tidak lolos di parlemen mengalami peningkatan sebesar 3 persen," kata peneliti LSI Denny JA Ade Mulyana.

Menurutnya, bila dibandingkan dengan persentase perolehan kursi pileg 2019, hanya PDIP dan Golkar partai yang pernah menang pemilu dengan perolehan yang nyaris sama seperti hasil survei tersebut.

PDIP pada saat pileg 2019 mendapatkan persentase kursi sebesar 22.6%, saat ini berada pada level dukungan 20.9%.

Golkar pada saat pileg 2019 mendapatkan persentase kursi sebesar 14.78%, saat ini pada level dukungan 14.5%.

Ada 5 alasan elektabilitas Partai Golkar dan PDIP masih unggul sesuai hasil survei menjelang Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News