PDIP Layak Dapat Jatah Menteri Pertanian, Ini Alasannya

PDIP Layak Dapat Jatah Menteri Pertanian, Ini Alasannya
Kiai Haji Ma'ruf Amin tersenyum saat gelasnya diisi oleh Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Pakar Dewan Koperasi Indonesia Teguh Boediyana menilai PDI Perjuangan sudah sepantasnya mengambil alih jabatan menteri pertanian. Hal ini untuk menghidupkan kembali ekonomi kerakyatan yang selama ini absen.

Teguh menerangkan, koperasi di daerah banyak tergantung pada usaha pertanian rakyat. Namun sektor pertanian sejauh ini tidak menggeliat sehingga mengakibatkan koperasi rakyat lesuh.

"Seharusnya Menteri Pertanian itu dari PDIP. Jadi PDIP harus mewujudkan bagaimana petani menjadi tulang punggung (ekonomi kerakyatan)," kata Teguh dalam acara focus group discussion (FGD) tentang Ekonomi Gotong Royong Sebagai Pilar Ekonomi Nasional di Kantor DPP PDIP, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

BACA JUGA : PKB Minta Jatah 10 Menteri, NasDem 11, Hahaha

Teguh menyampaikan, koperasi di Indonesia itu masih kecil-kecil. Padahal koperasi ini diamini oleh para founding fathers, untuk menyatukan kekuatan ekonomi rakyat.

"Koperasi diamini oleh founding fathers sebagai salah satu instrumen yang sangat efektif untuk menyatukan kekuatan ekonomi rakyat kecil," ungkap Teguh.

BACA JUGA : Jokowi Sebaiknya Angkat Tokoh Muda Papua Jadi Menteri

Implementasi soal ekonomi gotong royong, kata Teguh, bisa dimulai dari koperasi. Dia mendorong PDIP untuk berkomitmen memajukan koperasi.

Pengamat mengusulkan kabinet baru di pemerintahan Jokowi menetapkan menteri pertanian dari PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News