PDIP Menang Banyak di Jateng dan Yogyakarta, Hasto: Kandang Banteng Masih Terjaga

PDIP Menang Banyak di Jateng dan Yogyakarta, Hasto: Kandang Banteng Masih Terjaga
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto. Foto: dok DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan mengapresiasi kinerja struktur partai serta masyarakat Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dalam Pilkada Serentak 2020. Wilayah itu membuktikan tetap menjadi kandang banteng dan Soekarnois, tidak tercerabut dari akar aslinya.

"Prinsip ojo pedhot oyot, yang artinya jangan tercerabut dari akar jati diri kita, ternyata telah dibuktikan di lapangan. Sehingga kemenangan di Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah kemenangan rakyat Marhaen, meneguhkan sebagai kandang banteng," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan yang diterima, Jumat (11/12).

Hasto mengatakan, kemenangan para kader murni PDI Perjuangan di Pilkada Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah sebuah tanggung jawab besar untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, serta menyejahterakan rakyat. Dia mencontohkan Joko Widodo (Jokowi) sudah menunjukkan bagaimana bekerja dengan baik.

Saat menjadi wali kota, Jokowi memperbaiki ekonomi yang rontok, merehabilitasi pasar tradisional. Daerah Laweyan yang merupakan sentra batik yang pemiliknya rata-rata Masyumi Islam dibantu. Kepemimpinan yang baik akan menghasilkan legitimasi yang kuat di mata rakyat.

"Bung Karno mengatakan tak ada perjuangan yang sia-sia. Senjata paling hebat menjadi pemimpin adalah menyatu dengan kekuatan rakyat. Itulah strategi utama," ucap Hasto.

"Prinsip ini pun selalu disampaikan Ibu Megawati. Apa pun isu negatif yang disampaikan seperti isu dinasti politik, Ibu Mega selalu menyerukan bahwa kekuatan utama kita adalah mengorganisasi rakyat. Mendekat lah ke rakyat," lanjutnya.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang 'Patjul' Wuryanto menambahkan, dari 21 daerah yang melaksanakan Pilkada 2020, kader PDI Perjuangan berhasil menang di 17 wilayah. Hal itu berdasarkan quick dan real count sementara serta laporan dari Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN).

Bambang mengatakan, target dari kongres partainya adalah kemenangan di 60 persen Pilkada atau sekitar 15 pilkada di Jawa Tengah. Faktanya, dengan 17 daerah, target tersebut terlampaui. Sekaligus, mengukuhkan Jawa Tengah sebagai kandang banteng yang tak tercerabut dari akarnya.

PDI Perjuangan memenangkan mayoritas Pilkada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta berdasarkan hasil hitung cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News