PDIP Paling Siap Tempur di Pilkada 2020, Para Calon Kepala Daerah Berpeluang Menang Besar

PDIP Paling Siap Tempur di Pilkada 2020, Para Calon Kepala Daerah Berpeluang Menang Besar
Ilustrasi pilkada. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengapresiasi PDI Perjuangan (PDIP) yang telah melaksanakan pengumuman calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada 2020 sebanyak tiga gelombang.

Langkah ini dinilai sebuah kemajuan dari partai berlambang moncong putih itu dari Pilkada sebelumnya. Sebab bila melihat pilkada sebelumnya, PDIP selalu memutuskan para calonnya di saat akhir masa pendaftaran.

Sementara untuk pilkada serentak 2020, Qodari berpandangan PDIP menjadi salah satu partai yang proaktif mempersiapkan diri untuk tempur.

"Ya kali ini untuk Pilkada 2020, saya lihat PDI Perjuangan jauh lebih pro aktif dibandingkan dengan pilkada sebelumnya. Menurut saya dari segi timing, ini sebuah kemajuan yang sangat signifikan. Apalagi sekarang sudah gelombang ketiga," kata Qodari kepada wartawan, Rabu (12/8).

Selain itu, Qodari menilai ada upaya yang sistematis dari PDIP dalam merencanakan kegiatan Pilkada terutama pada tahap penetapan calon.

Dengan pengumuman yang dilaksanakan bergelombang alias beberapa tahap, ini memberikan simbol kepada publik bahwa ada proses atau mekanisme yang bekerja di dalam internal partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu.

"Itu memberikan harapan atau kemungkinan bahwa memang calon yang diajukan oleh PDI Perjuangan di tahun 2020 ini lebih bagus," papar Qodari.

Lebih lanjut, terkait peluang menang, meski belum bisa membuat prediksi spesifik, Qodari menyebut peluang kemenangan PDIP memang lebih bagus karena sikap proaktif dan sistematis dalam mempersiapkan jagoannya di Pilkada.

PDIP menjadi salah satu partai yang proaktif mempersiapkan diri dan para calon kepala daerah untuk tempur di Pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News