PDIP-PKS Ngotot Sistem Tertutup

PDIP-PKS Ngotot Sistem Tertutup
PDIP-PKS Ngotot Sistem Tertutup
JAKARTA - Partai politik pengusung sistem tertutup dengan menggunakan nomor urut dalam penyelenggaraan Pemilu 2014 tetap bersikukuh akan mempertahankan usulannya. Sistem ini diyakini bakal meningkatkan kualitas pemilu. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) misalnya, sangat yakin akan adanya titik temu dalam pembahasan Pansus RUU Pemilu sampai ke Panja RUU nanti.

"Sepanjang semangatnya sama demi meningkatkan kualitas pemilu dan sistem pemilu yang lebih efisien dan efektif berdasarkan Pancasila tentu keputusannya lebih baik," kata Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1).

PDIP juga, kata Tjahjo, tetap pada usulnya agar ambang batas perolehan kursi DPR RI atau parliamentary threshold (PT) sebesar 5 persen. "PDIP melalui fraksi PDIP DPR RI tetap berpegang kepada PT 5 persen dan sistem tertutup," ujar Tjahjo.

Sedangkan soal alokasi kursi dan jumlah daerah pemilihan (dapil), serta sistem penghitungan sisa suara bisa dibahas dan diskusikan bersama antar fraksi-fraksi. Pimpinan fraksi dan anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu dari Fraksi PDIP, lanjutnya, juga terus melakukan lobi-lobi intensif agar target waktu penyelesaian RUU Pemilu dapat tercapai.

JAKARTA - Partai politik pengusung sistem tertutup dengan menggunakan nomor urut dalam penyelenggaraan Pemilu 2014 tetap bersikukuh akan mempertahankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News