PDIP Sebenarnya Tak Setuju Larangan Menteri Rangkap Jabatan

PDIP Sebenarnya Tak Setuju Larangan Menteri Rangkap Jabatan
Ahmad Basarah. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, keputusan Presiden Joko Widodo mempertahankan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai menteri perindustrian tak perlu dipersoalkan. Sebab, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu pasti punya pertimbangan tersendiri.

Basarah mengatakan, Presiden Jokowi saat membentuk Kabinet Kerja pada 2014 memang menginginkan menteri-menterinya agar fokus membantunya. "Sehingga presiden mengeluarkan imbauan tidak tertulis untuk tidak rangkap jabatan," kata Basarah di gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/1).

Lebih lanjut Basarah mengatakan, Presiden Jokowi merupakan pengguna atau user menteri-menteri di Kabinet Kerja. Karena itu, presiden pula yang paling tahu soal penugasan kepada menteri-menterinya.

Tapi ketika Presiden Jokowi mengubah sikapnya dengan mempertahankan menteri yang merangkap jabatan di partai politik, Basarah menilai kepala negara yang juga kader PDIP itu pasti punya pertimbangan tersendiri. Misalnya, kata Basarah, saat ini tantangan kinerja kabinet sudah berubah.

Karena itu, Presiden Jokowi memerlukan orang-orang di partai yang menjadi anggota kabinetnya ikut memberikan dukungan politik kepada pemerintahannya. "Termasuk barangkali persiapan (Pemilu) 2019," tegas Basarah.

Lebih lanjut Basarah mengatakan, PDI Perjuangan sebenarnya jak awal tidak sependapat dengan kebijakan Presiden Jokowi melarang menteri-menterinya merangkap jabatan di partai politik. Tentu saja PDIP juga punya alasannya.

"Kenapa demikian, karena sistem pemerintah ini kan presidensial kuasi parlementer. Tidak presidensial murni, karena banyak kebijakan-kebijakan pemerintah yang tergantung dan bergantung dengan DPR," ungkapnya.

Karena itu, kata Basarah, seorang menteri dari parpol  punya dua tanggung jawab. Yakni tanggung jawab  menjaga kinerja kementerian dan kepentingan politk presiden.

Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah mengatakan, keputusan Presiden Jokowi mempertahankan Airlangga Hartarto sebagai menteri perindustrian tak perlu dipersoalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News