PDIP Terlihat Paling Siap Bertarung di Pilkada 2020, Parpol Lain Harus Hati-Hati

PDIP Terlihat Paling Siap Bertarung di Pilkada 2020, Parpol Lain Harus Hati-Hati
Ilustrasi PDIP. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan serius menghadapi Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Seluruh calon kepala daerah yang sudah mendapatkan rekomendasi, langsung digembleng melalui sekolah Partai untuk cakada angkatan I.

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin merespons positif sekolah Partai untuk cakada PDIP yang digelar secara daring selama lima hari itu.

"Memang sekolah calon kepala daerah PDIP tidak lagi menjadi eksklusif, tetapi menjadi terbuka dan menjadi milik rakyat, dan publik juga berhak tahu. Dalam konteks orang-orangnya maupun dalam konteks muatan isi yang disampaikan dalam sekolah tersebut," kata Ujang, Sabtu (22/8)

Pada Jumat siang (21/8), Sekolah Partai untuk cakada PDIP angkatan I itu dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, arahan Presiden RI ke-5 itu bahkan dilakukan terbuka kepada 129 cakada.

Ujang berpendapat, apa yang dilakukan oleh Partai berlambang banteng moncong putih itu komunikasi politik yang baik untuk rakyat.

"Yang tadinya dianggap eksklusif menjadi terbuka sehingga, rakyat bisa menilai secara utuh bahwa memang calon-calon kepala daerah yang diusung dalam Pilkada itu memang layak," papar Ujang.

Lebih lanjut, Ujang mengaku kerap objektif memberikan penilaian terhadap manajemen di partai politik. PDIP, kata Ujang, jauh berada di depan, dari segi kemajuan manajerial partai.

"(PDIP) Leading. Saya lihat manajemen PDIP itu bagus, sekarang manajemennya sangat bagus. Secara managemen mereka sudah lebih unggul dari Partai lain," sebut Ujang.

PDIP masih yang paling siap untuk tempur menghadapi Pilkada 2020 ini ketimbang parpol lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News