Pecah Kongsi Karena Pilkada

2013, Masing-masing Pilih Jalan Sendiri-sendiri

Pecah Kongsi Karena Pilkada
Pecah Kongsi Karena Pilkada
BANDUNG - AROMA perpecahan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) mulai tercium. Pasangan gubernur dan wakil, bupati dan wakil, wali kota dan wakil berancang-ancang menyatakan perpisahan. Masing-masing akan menempuh jalan sendiri untuk menatap persaingan di pemilukada berikutnya.

Di tingkat provinsi kecenderungan pisah kongsi akan terjadi antara Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf. Di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan terjadi pecah kongsi antara Abubakar dan Ernawan Natasaputra. Begitu juga di daerah-daerah kondisi yang sama diprediksi bakal terjadi.

Namun menurut pengamat politik dari Unpad, Dede Mariana, pecahnya kongsi adalah hal yang sangat wajar. Bukan sebuah peristiwa yang luar biasa dan sangat tergantung padfa kebijakan pratai politik menentukan langkahnya ke masa depan. "Berpisah mah biasa saja. Hanya publik suka menilai negatif. Tergantung media juga, gimana pengaruh media terhadap publik," jelas Dede.

Apalagi jelang persaingan, dipastikan partai-partai besar telah mempersiapkan kadernya untuk bersaing berebut kekuasaaan.  Kecenderungan partai besar, terlebih yang memiliki suara cukup signifikan mencalonkan kadernya di posisi nomor 1. Meski sebenarnya pada perjalanan kalkulasi politik bias menentukan lain.

BANDUNG - AROMA perpecahan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) mulai tercium. Pasangan gubernur dan wakil, bupati dan wakil, wali kota dan wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News