Pedagang Alat Masak asal Cililitan Bersyukur Dapat Bantuan Subsidi Bunga KUR dari BRI

Pedagang Alat Masak asal Cililitan Bersyukur Dapat Bantuan Subsidi Bunga KUR dari BRI
Bank BRI. Foto dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Bantuan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikucurkan pemerintah melalui PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, kini mulai dirasakan manfaatnya oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yang terdampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut setidaknya sudah dirasakan oleh Trisnowati (54), nasabah KUR BRI yang mendapatkan restrukturisasi pembiayaan dari pemerintah.

Trisnowati merupakan pelaku usaha yang berdagang peralatan masak di Kawasan Cililitan, Jakarta.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah yang sudah membantu memberikan bantuan subsidi bunga KUR melalui Bank BRI, sehingga saya bisa melanjutkan usaha saya untuk kelanjutan hidup keluarga,” ujar Trisnowati saat dihubungi Senin (6/7).

Menurut Trisnowati, usaha dagangannya anjlok signifikan sekitar 80-90 persen karena terdampak pandemi corona.

Terlebih seiring pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penjualan menjadi sepi dan dia terpaksa menutup sementara toko dagangan di Cililitan.

Karena corona, permintaan dari pelanggan terus menyusut, bahkan penjualan menjadi sepi. Hanya sekitar satu sampai dua item dagangan yang terjual dalam sepekan saja sudah membuat Trisnowati bersyukur.

Karena kondisi tersebut, Trisnowati lalu mengajukan permohonan keringanan pembayaran pinjaman kepada Bank BRI.

Pengajuan restrukturisasi yang diajukan Trisnowati pun disetujui Bank BRI dengan skema penundaan pembayaran angsuran pokok selama 6 bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News