Pegadaian Laporkan 400 Lebih Akun Instagram Lelang Palsu, Sudah Banyak yang Tertipu

Pegadaian Laporkan 400 Lebih Akun Instagram Lelang Palsu, Sudah Banyak yang Tertipu
Waspada! Modus penipuan yang mengatasnamakan PT Pegadaian. Foto Pegadaian

jpnn.com, JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) melaporkan lebih dari 400 akun Instagram yang mengatasnamakan Pegadaian ke Mabes Polri dan telah ditindaklanjuti oleh Polda Metro Jaya.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian R. Swasono Amoeng Widodo menjelaskan pelaporan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan serta upaya antisipasi agar masyakat terhindar dari tindak penipuan.

Saat ini seorang tersangka telah diproses hukum dan sudah masuk tahap penyidikan di kejaksaan.

“Kami sangat prihatin dengan beredarnya akun Instagram lelang palsu yang  mengatasnamakan Pegadaian. Hampir setiap hari kami menerima konfirmasi bahkan laporan masyarakat yang telah menjadi korban penipuan. Padahal Pegadaian sampai saat ini tidak melaksanakan lelang secara online,” tegas Amoeng, Senin (12/10).

Akun-akun palsu tersebut biasanya menawarkan berbagai barang seperti emas, laptop, handphone, kendaraan bermotor, sepeda bermerk dan barang-barang lainnya dengan harga murah.

Selain melalui media sosial seperti facebook dan instagram, modus lain yang muncul di antaranya melalui pesan SMS, whatsapp yang diarahkan ke website tertentu. Bahkan muncul pula modus penipuan melalui aplikasi telepon pintar.

Tidak hanya dipakai sebagai nama akun, bahkan nama Pegadaian digunakan sebagai nama rekening bank. Sehingga calon korban semakin percaya dengan tipu daya pelaku.

Kalaupun ada lelang barang jaminan yang jatuh tempo kata Amoeng itu dilakukan di Kantor Cabang Pegadaian, bazar, atau pameran.

Akun-akun palsu yang mengatasnamakan Pegadaian tersebut biasanya menawarkan berbagai barang seperti emas, laptop, handphone, kendaraan bermotor, sepeda bermerk dan barang-barang lainnya dengan harga murah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News