Pejabat Publik Harus Pindahkan Kekayaannya ke Indonesia

Pejabat Publik Harus Pindahkan Kekayaannya ke Indonesia
Emrus Sihombing. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan, seharusnya pejabat publik dan pengusaha yang memiliki kekayaan di perusahaan offshore memindahkan uangnya ke Indonesia. Menurut dia, duit itu nantinya bisa untuk melakukan pembangunan di berbagai bidang.

Ia mengatakan, dalam rangka nasionalisme dan di tengah upaya Presiden Joko Widodo bekerja keras menarik investor dari berbagai negara menanamkan modalnya, mutlak hukumnya bagi nama-nama pejabat publik yang tercantum di Panama Papers menarik modalnya ke tanah air.

"Bila para pejabat tersebut masih enggan memindahkan modalnya ke Indonesia, mereka sesungguhnya bukan pejabat publik yang tulus membangun bangsa Indonesia," kata Emrus, Senin (25/4).

Menurut Emrus, jika mereka yang tak mau memindahkan duitnya nasionalismenya bisa dipertanyakan. "Mereka yang tidak mau memindahkan ke tanah air, perlu dipertanyakan rasa nasionalisme mereka," katanya.

Seperti diketahui, di dalam data firma hukum Mossack Fonseca yang bocor dan  selanjutnya dinamakan The Panama Papers, nama sejumlah pejabat publik dan pengusaha Indonesia disebut memiliki perusahaan offshore.  (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News