Pekan Depan, Busway di Makassar Dioperasikan

Pekan Depan, Busway di Makassar Dioperasikan
Pekan Depan, Busway di Makassar Dioperasikan

jpnn.com - MAKASSAR - Bus rapid transit (BRT) atau busway segera beroperasi di Kota Makassar. Pemprov Sulsel menjadwalkan akan mulai mengoperasikan moda transportasi massal ini pada Senin, 29 Januari mendatang.

Pemprov Sulsel bersama Kementerian Perhubungan dan Perum Damri juga sudah menetapkan nama angkutan umum massal ini. Jika busway Jakarta menggunakan nama Trans Jakarta, maka di Sulsel menggunakan nama Trans Mamminasata.

Nama ini dipilih karena sesuai perencanaannya, busway tidak hanya beroperasi dalam wilayah Kota Makassar, tapi menghubungkan Makassar dengan Maros, Sungguminasa dan Takalar (Mamminasata).

Ada 11 koridor busway yang direncanakan, namun pada tahap awal ini dimulai dari koridor II yang menghubungkan antara Mall GTC Tanjung Bunga dengan Mall Panakkukang. Setelah koridor dua berjalan, maka akan dilanjutkan dengan pengoperasian busway di koridor lain yang telah ditetapkan sebelumnya. (Rute
    
Armada bus yang akan melayani koridor dua pada tahap awal ini telah tiba di kantor Perum Damri Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (22/1).

"Baru tiba busnya sore ini melalui jalur laut. Ada 11 bus yang tiba, tapi hanya 10 bus untuk melayani rute koridor dua. Satu bus lagi itu diperuntukkan untuk menambah armada di Bandara Sultan Hasanuddin," ujar Kepala Bagian Operasional Perum Damri Cabang Makassar, Bukhori, kepada FAJAR (JPNN Group). (kas/pap)

 


MAKASSAR - Bus rapid transit (BRT) atau busway segera beroperasi di Kota Makassar. Pemprov Sulsel menjadwalkan akan mulai mengoperasikan moda transportasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News