Pekerja Berulah, 10 Perusahaan Terancam Tutup

Pekerja Berulah, 10 Perusahaan Terancam Tutup
Pekerja Berulah, 10 Perusahaan Terancam Tutup
JAKARTA—Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) , Sofjan Wanandi meyebutkan ada 10 perusahaan kelas menegah di Indonesia yang terancam tutup. Hal ini sebagian besar disebabkan karena adanya tindakan intimidasi yang dilakukan oleh pekerja atau buruh terhadap pihak perusahaan.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, ada sebanyak 10 perusahaan yang akan tutup. Perusahaan itu termasuk kelas menengah. Mereka beralasan terpaksa harus menutup perusahaan tersebut karena sudah tidak tahan dengan ulah para pekerjanya,” ungkap Sofjan di  dalam acara diskusi tentang Jaminan Kelangsungan Pekerjaan dalam Sistem Outsourcing di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Selasa (30/10).

Sofjan mengatakan, dari kesepuluh perusahaan tersbeut sudah ada satu perusahaan asal Korea  yang sudah mengirimkan surat resmi kepada Apindo terkait rencananya untuk menutup perusahaannya. Selain itu, juga ada  salah satu produsen sepatu asal Indonesia yang juga sudah beberapa hari ini menghentikan produksinya karena juga disebabkan ulah para pekerjanya.

“Kami sudah berkomunikasi degan pihak mereka dan berupaya untuk  menahan agar perusahaan tersebut tetap dibuka. Kami juga meminta waktu setidaknya 1 bulan untuk menyelesaikan masalah hubungan industrial antara pihak perusahaan dan pekerja. Kami berjanji, jika selama satu bulan tidak juga mampu menyelesaikan masalah itu, ya sudah terserah, kami tidak bisa berbuat banyak,” paparnya.

JAKARTA—Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) , Sofjan Wanandi meyebutkan ada 10 perusahaan kelas menegah di Indonesia yang terancam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News