JPNN.com

Pelaksaan Empat Pilar Tanggung Jawab Semua Pihak

Minggu, 23 Oktober 2011 – 19:07 WIB Pelaksaan Empat Pilar Tanggung Jawab Semua Pihak - JPNN.com
TERNATE - Upaya menumbuhkan kesadaran untuk melaksanakan nilai-nilai empat kehidupan bernegara,  Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, bukan hanya menjadi tanggungjawab satu pihak saja. "Melainkan tanggungjawab kita bersama," tegas Anggota MPR RI, Zulkieflimansyah, saat membuka Seminar Nasional Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) bertema, 'Membongkar Patologi Kebangsaan Melalui Pemasyarakatan Empat Pilar;  Upaya Mewujudkan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Lebih Baik', di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (22/10).

Menurut Zulkieflimansyah, tugas memasyarakatkan empat pilar itu bukan hal sederhana. Akan tetapi, membutuhkan dukungan dari berbagai komponen bangsa. Sehingga pemasyarakatan ini dapat dilakukan secara masif dan berkelanjutan. "Sehingga dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia," kata politisi PKS, itu.

Dia berharap, pemahaman yang baik tentang empat pilar oleh seluruh komponen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan mengacu kepada nilai dasar Pancasila, hukum dasar UUD NRI  1945, menjaga keutuhan NKRI, serta kebhinekatunggalika-an. "Sehingga setiap kebijakan baik di pusat maupun di daerah mempunyai cita ideal yang sama untuk mensejahterahkan seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Lebih jauh Zulkieflimansyah mengatakan, berbagai persoalan serius tengah dihadapi bangsa ini. Seperti tingginya tingkat kemiskinan, pengangguran, korupsi, penegakan hukum yang lemah serta ancaman disintegrasi bangsa, harus disikapi serius. Menurut dia, problematik yang dihadapi bangsa saat ini, bila tidak ditangani sungguh-sungguh, tekun dan konsisten negara tidak akan bergerak maju. "Kesejahteraan rakyat juga tidak akan bertambah baik," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...