Pelaku Skimming Kabur, Dikejar Sekuriti Bank

Pelaku Skimming Kabur, Dikejar Sekuriti Bank
Kombes Nico Afinta. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Seorang pelaku skimming ATM asal Bulgaria berinisial KVB berhasil dibekuk. Kini pelaku terus menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatkan, pelaku bukanlah ditangkap anak buahnya, melainkan diamankan sekuriti bank.

“Pelaku ditangkap saat beraksi di ATM Bank Mandiri, Juanda, Jakarta Pusat, Sabtu(17/3),” ujar Nico, Senin (19/3).

Menurut Nico, sekuriti bank awalnya mencurigai aktivitas KVB karena dia menggunakan kartu yang berbeda dengan kartu Bank Mandiri. Saat sekuriti menghampirinya, KVB melarikan diri.

Pelaku bahkan sempat berusaha membuang kartu ATM palsu itu ke Kali Ciliwung,” imbuh dia.

Oleh sekuriti pelaku terus dikejar hingga akhirnya ditangkap. Kemudian diserahkan ke Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Dari penyelidikan diketahui bahwa KVB merupakan anggota salah komplotan skimming yang telah beroperasi di Indonesia sejak akhir 2017.

Menurut dia, komplotan ini ada yang berperan sebagai penyedia perangkat lunak dan perangkat keras skimming. Kemudian bertugas memasang alat skimmer di berbagai mesin ATM dan mencuri data nasabah.

Pelaku skimming ATM asal Bulgaria inisial KVB berhasil dibekuk dan terus menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News