Pelapor Remisi Ilegal di Kalapas Ketapang akan Dihukum

Serangan Balik Buat Whistle Blower

Pelapor Remisi Ilegal di Kalapas Ketapang akan Dihukum
Pelapor Remisi Ilegal di Kalapas Ketapang akan Dihukum
PONTIANAK – Nasib sial menimpa Abdurahman, Petugas Lapas Kelas IIB Ketapang. Alih-alih dapat penghargaan, laporannya atas dugaan pemberian remisi ilegal dan pelanggaran hukum oleh Kalapasnya sendiri, malah berbuah malapetaka. Kini ia terancam hukuman administrasi, bahkan bila dikehendaki ia bisa dipidana. Demikian disampaikan Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalbar, Harry.

"Setelah kita kirim tim ke Ketapang, ternyata tidak benar ada jual beli remisi itu. Kita wawancarai dia, dan ternyata dia tidak bisa membuktikan omongannya," ucap Harry. Akibatnya, Abdurahman terancam sanksi berat karena tindakan indisipliner, mencemarkan nama baik institusi.

"Sanksinya adminstratif, hukumannya bisa macam-macam. Acuannya PP No 53 Tahun 2011 tentang kepegawaian. Dia bisa kena bertahap. Bahkan bisa dipidana, kalau Kalapasnya mau menggugat," ungkapnya.

Laporannya kan banyak (bukan hanya soal remisi), apakah semuanya tidak benar? "Semuanya tidak benar, sudah kita usut. Bukankah ini preseden buruk, sehingga membuat orang takut untuk melapor tindak kejahatan," kata Herry lagi.

PONTIANAK – Nasib sial menimpa Abdurahman, Petugas Lapas Kelas IIB Ketapang. Alih-alih dapat penghargaan, laporannya atas dugaan pemberian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News