JPNN.com

Pelawak Kalahkan Petahana di Pilpres Ukraina

Senin, 01 April 2019 – 13:21 WIB Pelawak Kalahkan Petahana di Pilpres Ukraina - JPNN.com

jpnn.com, KIEV - Sebagian besar rakyat Ukraina benar-benar menginginkan presiden baru. Berbeda dengan gerakan #2019GantiPresiden di Indonesia yang masih mengusung wajah lama, mereka justru memilih seorang komedian alias pelaawak tanpa pengalaman politik sama sekali.

Pelawak itu bernama Volodymr Zelenskiy. Pria yang pernah memerankan karakter presiden di serial televisi tersebut meraih 30,4 persen suara dalam pemilihan putaran pertama. Sedangkan capres petahana Petro Poroshenko malah berada di posisi kedua dengan 17,8 persen suara.

Keduanya bakal kembali bertarung dalam pemilihan putaran kedua pertengahan bulan ini. “Saya sangat senang tetapi ini bukan yang terakhir,” kata Zelenskiy kepada wartawan BBC Jonah Fisher beberapa menit setelah hasil pemilihan putara pertama diumumkan, Senin (1/4).

Dalam melaksanakan kampanye, Zelenskiy tidak melakukan aksi unjuk rasa dan hanya melakukan beberapa wawancara. Dia juga tidak memiliki pandangan politik yang kuat, selain menonjolkan bahwa dirinya adalah sosok baru dan berbeda.

Rupanya kampanye media sosial Zelenskiy mampu memikat para pemilih muda yang mengingkan sesuatu yang benar-benar baru. Kesiapan Zelenskiy untuk berbicara baik dalam bahasa Rusia dan Ukraina adalah topik yang sangat sensitif. Ini membuatnya mendapat dukungan di timur Ukraina yang sebagian besar berbahasa Rusia.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan, terjadi ratusan pelanggaran dalam pilpres kali ini. Namun para pengamat asing mengatakan, Pilpres Ukraina berjalan cukup lancar.

Dari total 39 capres tak ada yang meraih 50 persen suara. Zelenskiy dan Poroshenko akan bertarung di putaran kedua Pilpres Ukraina pada 21 April mendatang. (jpc)

Sumber Jawapos.com

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...