Pemalsuan Arca Terungkap Berkat Kotoran Burung

Pemalsuan Arca Terungkap Berkat Kotoran Burung
Pemalsuan Arca Terungkap Berkat Kotoran Burung
SOLO - Karena kotoran, dugaan pemalsuan arca perunggu di Museum Radya Pustaka Surakarta (MRPS) terbongkar. Memang, bukan sembarang kotoran yang menempel di arca. Tetapi, kotoran itu sering disebut para arkeolog sebagai patinasi. Yakni, kotoran berwarna hijau yang menempel di arca perungu.

Para arkeolog terhenyak karena kotoran yang menempel di puluhan arca perunggu MRPS adalah patinasi baru. Bukan kotoran lama yang jamak ditemukan pada arca berusia tua.

Hal tersebut diungkapkan D.S. Nugrahani, arkeolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta. Dia adalah salah seorang konsultan reinventarisasi koleksi MRPS beberapa waktu lalu.

''Salah satu yang membedakan arca perunggu asli dan palsu adalah adanya patinasi. Biasanya pemalsu juga membuat patinasi. Tetapi, patinasi buatan itu pasti akan kelihatan. Patinasi buatan berbeda dengan yang asli di arca tua. Patinasi di arca kuno pasti tidak merata,'' kata staf pengajar Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UGM itu.

SOLO - Karena kotoran, dugaan pemalsuan arca perunggu di Museum Radya Pustaka Surakarta (MRPS) terbongkar. Memang, bukan sembarang kotoran yang menempel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News