Pembatasan BBM Subsidi untuk Semua Mobil Plat Hitam

Pembatasan BBM Subsidi untuk Semua Mobil Plat Hitam
Pembatasan BBM Subsidi untuk Semua Mobil Plat Hitam
JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan bahwa pembatasan BBM subsidi mulai 1 Januari 2011 nanti akan diterapkan pada kendaraan berplat hitam. Mekanisme itu dianggap paling sederhana dibanding pola lainnya.

"Program pembatasan yang sederhana itu tidak pakai stiker-stiker, tidak pakai batasan tahun tapi semua kendaraan plat hitam mobil itu tidak boleh (menggunakan BBM subsidi). Yang boleh (pakai BBM subsidi) hanya taksi dan sepeda motor," ungkap Agus Marto pada wartawan di Jakarta, Kamis (2/12).

Upaya ini, kata Agus, akan dipersiapkan dengan sebaik mungkin oleh pemerintah guna menekan peningkatan BBM subsidi di tahun 2011 yang diperkirakan mencapai 38 juta kiloliter. "Selain usaha ini, kita juga harus melakukan upaya lainnya seperti meningkatkan lifting minyak dan efesiensi di subsidi energi. Kita juga harus pastikan, penerapan pembatasan BBM tidak ada permainan harga atau penyalahgunaan oleh plat kuning tapi digunakan oleh plat hitam," tegas Agus.

Dalam APBN 2011, pemerintah telah menyiapkan anggaran subsidi untuk BBM, listrik dan pertanian sebesar Rp184 triliun. Angka subsidi ini sudah memperhitungkan adanya pengendalian BBM subsidi yang mulai berlaku pada awal tahun.

JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan bahwa pembatasan BBM subsidi mulai 1 Januari 2011 nanti akan diterapkan pada kendaraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News