Pembenahan Kualitas Susu Harus Jadi Fokus Kemitraan IPS

Pembenahan Kualitas Susu Harus Jadi Fokus Kemitraan IPS
Peternak sapi. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Program kemitraan yang akan dijalankan oleh industri pengolahan susu (IPS) dan importir dengan peternak sapi perah lokal harus bisa meningkatkan kualitas susu segar dalam negeri (SSDN).

“Pembenahan kualitas susu harus jadi yang utama. Kemitraan ini harus menyeluruh dan memastikan susu yang diproduksi peternak lokal memenuhi standar untuk bisa diserap industri,” kata pengamat peternakan dari Universitas Padjadjaran Didin S. Tasripin, Rabu (11/4).

Menurut Didin, bentuk kemitraan terbaik yang saat ini perlu dilakukan industri pengolahan susu adalah upaya membantu peternak lokal menghasilkan produk yang memiliki standar sehingga bisa terserap semua.

Hal ini untuk memastikan industri pengolahan susu tetap berkomitmen menyerap SSDN tanpa harus khawatir kualitasnya tidak memenuhi standar produk olahan susu yang dihasilkan.

Didin menambahkan, saat ini SSDN memang bersaing dalam hal kualitas dengan produk bahan baku susu yang biasanya diimpor.

Dengan tingkat produksi yang rendah dan kualitas yang belum memenuhi standar, tentu akan sulit bagi peternak sapi perah lokal bersaing.

“Ini kenapa transfer teknologi dan peningkatan kualitas jadi hal yang harus diutamakan. Kemitraan industri pengolahan susu harus bisa meningkatkan daya saing dan kualitas peternak sapi perah lokal,” kata Didin.

Berdasarkan petunjuk teknis dari Peraturan Kementerian Pertanian (Permentan) Nomor 26 Tahun 2017 tentang Peredaran Susu, industri pengolahan susu diberikan beberapa opsi kemitraan yang bisa dilakukan.

Kemitraan yang dijalankan oleh industri pengolahan susu dan importir dengan peternak sapi perah lokal harus bisa meningkatkan kualitas susu segar dalam negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News