Pemberangusan Serikat Pekerja, Momok Jurnalis di 2009

Pemberangusan Serikat Pekerja, Momok Jurnalis di 2009
Pemberangusan Serikat Pekerja, Momok Jurnalis di 2009
JAKARTA - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mencatat, tahun 2009 merupakan tahun yang cukup suram untuk hak berserikat kaum wartawan. "Kasus-kasus pemberangusan atau pembatasan serikat pekerja (union busting, Red) di sejumlah media, membuat kita prihatin," ujar Wahyu Dhyatmika, Ketua AJI Jakarta, Rabu (6/1).

Wahyu mengatakan, padahal tanpa organisasi, jurnalis tidak mempunyai posisi tawar di hadapan manajemen untuk menegosiasikan kesejahteraan yang lebih baik. "(Makanya) kami menyerukan pemilik media di Jakarta untuk mulai memberi ruang pada serikat pekerja media. Kehadiran serikat pekerja bukanlah momok untuk manajemen. Sudah saatnya fakta terang-benderang ini disadari," lanjutnya.

Wahyu pun menambahkan, situasi ini makin suram, mengingat bahwa sampai saat ini upah jurnalis di Jakarta masih jauh dari standar upah layak versi AJI Jakarta, yakni Rp 4,5 juta/bulan untuk jurnalis lajang dengan masa kerja 1 (satu) tahun. Jika kondisi kesejahteraan jurnalis belum juga diperbaiki, katanya lagi, maka akan sulit mengharapkan profesionalisme dan penegakan kode etik yang maksimal.

Kasus pailit yang menimpa Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) pada November 2009 lalu, juga menjadi sorotan AJI. Untunglah, kata Wahyu lagi, palu keadilan Mahkamah Agung masih berpihak kepada para karyawan media tersebut.

JAKARTA - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mencatat, tahun 2009 merupakan tahun yang cukup suram untuk hak berserikat kaum wartawan. "Kasus-kasus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News