Pemberantasan Korupsi Menentukan Pengentasan Kemiskinan

Pemberantasan Korupsi Menentukan Pengentasan Kemiskinan
Pemberantasan Korupsi Menentukan Pengentasan Kemiskinan

jpnn.com - JAKARTA - Jaksa Agung Basrief Arief menyatakan bahwa berhasil tidaknya pemberantasan korupsi akan menentukan upaya pengentasan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan, penguatan sendi-sendi demokrasi, dan upaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

"Oleh karena itu, pemberantasan korupsi harus terus menjadi salah satu prioritas kita bersama," ungkap Basrief dalam amanatnya saat upacara peringatan Hari Antikorupsi di Kejaksaan Agung, Senin (9/12).

Ia menyatakan, korupsi bagaikan penyakit kronis yang sulit disembuhkan. Menurutnya, tindak pidana korupsi di Indonesia sudah begitu meluas dan terus meningkat dari tahun ke tahun. "Jumlah kasus, jumlah kerugian keuangan negara maupun modus operandinya (terus berkembang)," katanya.

Dijelaskan Basrief, berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang dikeluarkan oleh Lembaga Transparency International pada tahun 2010 Indonesia menduduki peringkat 110 dari 178 negara dengan nilai indeks 2,8; pada tahun 2011 peringkat 100 dari 182 negara dengan indeks 3,0 dan pada tahun 2012 peringkat 118 dari 176 negara dengan nilai indeks 3,2.

Dari 27 negara di regional Asia Pasifik, Indonesia berada diperingkat 18 tepat di bawah Timor-Leste. Sedangkan di ASEAN Indonesia di atas negara Vietnam, Kamboja, Laos dan Myanmar.

"Kondisi ini menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan upaya perbaikan dalam pemberantasan korupsi," kata Basrief.

Tema Hari Antikorupsi kali ini adalah “Mewujudkan Indonesia Bersih, Transparan, Tanpa Korupsi”. Basrief menjelaskan tema tersebut menggambarkan keinginan besar dari seluruh elemen bangsa, untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Sejalan dengan tema tersebut, maka penindakan dan pencegahan  korupsi harus dilakukan lebih intensif, efektif dan masif sebagai sebuah gerakan nasional," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Jaksa Agung Basrief Arief menyatakan bahwa berhasil tidaknya pemberantasan korupsi akan menentukan upaya pengentasan kemiskinan, pembangunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News