Pemda Dukung Mendikbud Hentikan Unas

Pemda Dukung Mendikbud Hentikan Unas
Siswa sedang mengerjakan soal Unas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA  - Sejumlah pemerintah daerah mendukung penuh penghentian sementara (moratorium) ujian nasional (unas).

Mereka siap menjalankan ujian akhir sendiri. Dan menjamin tetap menjaga integritas para siswa dan guru.

Dukungan itu diantaranya disampaikan Bupati Kerinci Adi Rozal. Kemarin (25/11) dia berada di Kemendikbud bersama sejumlah kepala daerah lain, untuk menerima penghargaan Kihajar 2016.

Rozal mengatakan selama ini penyelenggaraan unas sering bikin panas dan memunculkan delima. ’’Seperti curang, soal ujian bocor, dan lain-lain,’’ katanya.

Rozal mengatakan mereka siap menyelenggarakan ujian akhir, yang nantinya berbasis daerah.

Dia berharap nanti Kemendikbud tetap memberikan kisi-kisi atau panduan membuat soal ujian. Kemudian dengan kondisi daerah yang beragam, bisa menyusun soal ujian sendiri.

Dia juga tidak menampik bahwa penyelenggaraan unas rentan dipolitisir. Sebab ada kepala daerah yang bangga dengan ranking unas.

Namun dia sama sekali tidak tertarik untuk berbangga dengan hasil unas. ’’Saya tidak penting ranking. Yang penting itu kejujuran,’’ jelasnya.

JAKARTA  - Sejumlah pemerintah daerah mendukung penuh penghentian sementara (moratorium) ujian nasional (unas). Mereka siap menjalankan ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News