Pemekaran Daerah Jangan Emosional, Nanti Gagal Malah Galau

Pemekaran Daerah Jangan Emosional, Nanti Gagal Malah Galau
Peta Pulau Madura. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengatakan, pemekaran daerah jangan hanya bersifat emosional karena bisa berujung pada pemborosan anggaran negara.

Ini disampaikan Riza, menanggapi usulan pembentukan Provinsi Madura di Jawa Timur, yang mendapat banyak dukungan dari kalangan masyarakat dan tokoh setempat.

"Jangan sampai pemekaran ini didorong oleh elite setempat, dengan dalih memajukan rakyatnya. Ini justru terjadi pemborosan keuangan negara, karena membangun infrastruktur, sarana prasarananya," kata Riza saat dihubungi, Selasa (10/11). 

Riza mengaku sudah mendengar usulan pembentukan Provinsi Madura. Namun, pihaknya menyebutkan saat ini DPR hanya memberikan pertimbangan atas usulan pemekaran. Sedangkan proses teknisnya ada di Kementerian Dalam Negeri.

"DPR hanya memberikan pertimbangan. Kalau itu dimekarkan, harus dipastikan terjadi proses kesejahteraan untuk masyarkat. Supaya tidak jadi pemborosan," ujarnya mengingatkan.(fat/jpnn)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengatakan, pemekaran daerah jangan hanya bersifat emosional karena bisa berujung pada pemborosan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News