Pemekaran di Papua Lebih Banyak Dinikmati Elit

Pemekaran di Papua Lebih Banyak Dinikmati Elit
Pemekaran di Papua Lebih Banyak Dinikmati Elit
MANOKWARI-Direktur Program Centre for Lead Indonesia,Miftah Adhi Ikhsanto menilai isu pemekaran di Provinsi Papua Barat dianggap memiliki dampak merugikan dan memunculkan resiko yakni dapat memperluas dan memperdalam konflik lokal.

‘’Yang kedua dalam memunculkan politik lokal di Papua,sehingga memunculkan orang-orang kuat yang secara politik kemudian mendominasi,’’ papar Miftah seperti diberitakan Radar Sorong (grup JPNN).

Dikatakan peneliti dan dosen UGM (Universitas Gajah Madah) Jogja ini, pemekaran daerah otonom baru akan memunculkan elit politik. ‘’Karena munculnya orang-orang kuat di tingkat lokal,maka demokrasi akan dipengaruhi orang-orang kuat sehingga menimbulkan tata kelolo atau control (pemerintahan) tidak berjalan baik,’’  jelasnya.

Program Centre for Lead Indonesia,kemarin mengadakan ‘’Focus Group Discussions dengan tema ‘’Review Kinerja Pemekaran Daerah Terhadap Perbaikan Pelayanan Publik dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Papua’’. Beberapa kalangan hadir dalam diskusi ini,yakni dari kalangan MRPB,akademisi,LSM,birokrat dan tokoh masyarakat.

MANOKWARI-Direktur Program Centre for Lead Indonesia,Miftah Adhi Ikhsanto menilai isu pemekaran di Provinsi Papua Barat dianggap memiliki dampak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News