Pemerintah Bangun Tiga Kilang Minyak

Pemerintah Bangun Tiga Kilang Minyak
Pemerintah Bangun Tiga Kilang Minyak
JAKARTA - Pemerintah bertekad mengurangi terus impor bahan bakar minyak (BBM). Caranya adalah membangun kilang pengolahan atau refinery oleh BUMN maupun swasta. Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo menyebut, saat ini tiga kilang minyak dalam proses pembangunan, yakni kilang minyak Cepu, Bojanegara, dan Musi Banyuasin. ''Nantinya kilang di Cepu akan menjadi yang pertama beroperasi,'' ujarnya melalui website resmi Ditjen Migas, Kamis (24/10).

Menurut dia, kilang di Cepu akan digunakan untuk mengolah minyak hasil produksi awal atau early production Blok Cepu dengan kapasitas 6.000 barel per hari. ''Ini termasuk mini-refinery. Diperkirakan Februari 2009 mulai beroperasi,'' katanya.

Kilang kedua yang tengah dalam proses adalah kilang mini di Musi Banyuasin yang berkapasitas 800 barel per hari. Proyek ini dibiayai oleh swasta dan pemda setempat.

Sedangkan kilang ketiga berlokasi di Bojanegara, Banten, dengan kapasitas 300.000 barel per hari. Kilang kerja sama PT Pertamina dan Iran ini bakal menjadi salah satu kilang terbesar di Indonesia. ''Pemerintah akan berupaya mendorong, termasuk mengusahakan sumber pasokan minyak mentah,'' terangnya.

JAKARTA - Pemerintah bertekad mengurangi terus impor bahan bakar minyak (BBM). Caranya adalah membangun kilang pengolahan atau refinery oleh BUMN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News