Pemerintah Diminta Hindari Kenaikan TDL

Pemerintah Diminta Hindari Kenaikan TDL
Pemerintah Diminta Hindari Kenaikan TDL
JAKARTA — Mayoritas fraksi di DPR RI menyampaikan penolakan mereka terhadap rencana pemerintah menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 15 persen di awal 2011 mendatang, sebagaimana tertuang dalam nota keuangan RAPBN 2011. Pemerintah pun diminta untuk mencari cara lain mengurangi beban subsidi selain dengan menaikkan TDL.

"Kami memandang masih ada cara lain daripada menaikkan TDL. Pemerintah harus pikirkan cara selain menaikkan TDL kalau hanya untuk menutup defisit yang dialami PLN. Misalnya memaksimalkan penggunaan batu bara, pembatasan masuknya impor barang tambah atau cara lainnya selain TDL,’’ ujar juru bicara Fraksi PKS, Ecky Awal Mucharam dalam rapat paripurna, Selasa (24/8) di DPR RI.

Bukan hanya itu, PLN juga diharapkan dapat memaksimalkan segala potensi kelistrikan dengan menekan angka pencurian listrik.

Hal senada juga disampaikan Fraksi Golkar, Mahyudin. "Kenaikan TDL 15 persen akan berdampak negatif, kecuali pemerintah bisa memiliki skenario lain. Fraksi Golkar dengan ini menolak tegas kenaikan TDL, karena bisa berpengaruh terhadap inflasi, kurangi daya saing industri, dan semakin menekan masyarakat kecil yang sudah semakin menderita," kata Mahyudin.

JAKARTA — Mayoritas fraksi di DPR RI menyampaikan penolakan mereka terhadap rencana pemerintah menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News