Pemerintah Dinilai Masih Lamban, Tapi Ada Kemajuan

Penanganan Korban Bencana Belum Punya Protap Baku

Pemerintah Dinilai Masih Lamban, Tapi Ada Kemajuan
Pemerintah Dinilai Masih Lamban, Tapi Ada Kemajuan
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Golkar (F-PG), Priyo Budi Santoso, menilai pemerintah masih lamban dalam menangani korban bencana alam, terutama akibat letusan Gunung Merapi di Yogyakarta. Tapi jika dibanding dengan periode sebelumnya, kata Priyo pula, secara relatif telah terjadi perbaikan kinerja pemerintah dalam menanggulangi korban bencana.

"Meski masih dirasakan lamban dalam menangani korban bencana alam Gunung Merapi, DPR melihat sudah ada sedikit kemajuan. Ada gerak cepat-lah. Ke depan, DPR masih berharap harus lebih cepat lagi (dalam) merespon bencana alam secara keseluruhan," tegas Priyo, di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/11).

Menurut Priyo, salah satu penyebab kelambanan dalam menanganani korban bencana, bisa jadi karena pihak terkait di pemerintahan belum memiliki prosedur tetap (protap) baku yang bisa dijadikan pegangan bersama. "Ini kan memang kita belum memiliki protap penanggulangan bencana yang dijadikan pegangan oleh seluruh pihak terkait di pemerintahan. Dan saya yakin, kalau itu sudah ada, pasti pemerintah bisa lebih optimal lagi," ujar Priyo.

Dijelaskan Priyo pula, relatif membaiknya penanganan korban bencana alam, apakah itu di Wasior, Yogyakarta dan Mentawai akhir-akhir ini, memang tidak dapat dilepaskan dari peran Presiden SBY sendiri. Apalagi katanya, dengan adanya arahan Presiden SBY yang telah mengeluarkan lima instruksi untuk merespon bencana alam, seiring makin meningkatnya aktivitas erupsi Gunung Merapi.

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Golkar (F-PG), Priyo Budi Santoso, menilai pemerintah masih lamban dalam menangani korban bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News