Pemerintah Dorong PKL Bentuk Koperasi

Anggota 25 Juta, Jadi Koperasi Terbesar di Dunia

Pemerintah Dorong PKL Bentuk Koperasi
Pemerintah Dorong PKL Bentuk Koperasi
JAKARTA - Pemerintah meminta para pedagang kaki lima (PKL) untuk segera menghimpun diri dan membentuk koperasi. Sebab, koperasi tak hanya akan mempersatukan para PKL namun juga memperkuat posisinya.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) di TMII, Jakarta Timur, Minggu, (27/11). Menurutnya, saat ini saja anggota APKLI mencapai 25 juta orang.

"Jika semuanya tergabung, maka ini merupakan koperasi terbesar di dunia. Bayangkan, jumlahnya hampir sama dengan penduduk Malaysia," ucap Syarief yang disambut tepuk riuh peserta rakernas APKLI.

Lebih lanjut menteri yang juga politisi Partai Demokrat itu menambahkan, koperasi dapat menjadi solusi bagi PKL yang memiliki kendala dalam permodalan. Sebab, salah satu jalan yang ditempuh pemerintah dalam merealisasikan program kredit usaha rakyat (KUR) adalah melalui koperasi.

JAKARTA - Pemerintah meminta para pedagang kaki lima (PKL) untuk segera menghimpun diri dan membentuk koperasi. Sebab, koperasi tak hanya akan mempersatukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News