Pemerintah Harus Restrukturisasi PNS

Pemerintah Harus Restrukturisasi PNS
Pemerintah Harus Restrukturisasi PNS
JAKARTA- Pemerintah daerah diminta tidak menambah jumlah PNS baru. Demikian juga Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi diimbau tidak mengalokasikan kuota CPNS setiap tahunnya. Alasannya, dengan penambahan CPNS maka anggaran pembangunan jadi habis untuk belanja pegawai.

"Bila ingin di daerah ada pembangunan, pemerintah harus melakukan perampingan. Jangan menambah PNS terus," ucap Hamid Paddu, pakar otda dari Universitas Hasanudin dalam RDPU dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (3/1).

Dia menyatakan, porsi anggaran di daerah tidak berpihak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Malah ada kecenderungan daerah-daerah mengajukan jumlah CPNS besar agar bisa meningkatkan DAU-nya.

"Pemda selama ini salah soal DAU. DAU itu bukan hanya untuk membayar gaji pegawai. Gaji pegawai harusnya didasarkan dengan kemampuan daerah membayar," kritiknya.

JAKARTA- Pemerintah daerah diminta tidak menambah jumlah PNS baru. Demikian juga Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News