Pemerintah Ingin BUMN Ambil Alih Proyek Tol Mangkrak

Pemerintah Ingin BUMN Ambil Alih Proyek Tol Mangkrak
Pemerintah Ingin BUMN Ambil Alih Proyek Tol Mangkrak

jpnn.com - ‎JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) memutuskan untuk mengalihkan pengerjaan dua ruas jalan tol Trans Jawa, yakni Pemalang-Batang dan Batang-Semarang dari investor swasta. Pengerjaan dua ruas tol yang mangkrak itu segera dialihkan ke perusahaan BUMN.

Awalnya proyek tol Pemalang Batang dan Batang-Semarang dikerjakan oleh dua investor swasta yaitu PT Marga Setia Puritama dan PT Pemalang Batang Toll Road. Namun, pemerintah menganggap pengerjaan dua proyek tol itu tak menunjukkan progres yang signifikan.

"Kami ingin BUMN (mengerjakan proyek Tol Trans Jawa, red). BUMN kan punya kapasitas kemampuan yang lebih baik," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hediyanto W Husaini di gedung Kementerian BUMN, Rabu (5/8) petang.

Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa BUMN konstruksi yang berminat menggarap dua ruas tol tersebut. Salah satunya PT Waskita Karya (Wika).

Meski demikian pemerintah tak menutup peluang bila Waskita hendak menggandeng investor swasta dalam proyek tersebut.‎ Sebab, yang penting investor baru punya dana dan proyek infrastruktur itu bisa kelar.

‎"Dia (Waskita) bisa ajak swasta yang lain juga, jadi bisa mereka join lah, nggak sendiri. Yang penting mereka punya uang untuk mengerjakan," tandas Hedi. (chi/jpnn)


‎JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) memutuskan untuk mengalihkan pengerjaan dua ruas jalan tol Trans Jawa,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News