Pemerintah Masih Bingung Tentukan Pilihan

Opsi Pembatasan BBM Bersubsidi

Pemerintah Masih Bingung Tentukan Pilihan
Pemerintah Masih Bingung Tentukan Pilihan
JAKARTA - Pemerintah akan segera mengumumkan langkah pengendalian bahan bakar minyak (BBM) untuk mencegah melonjaknya subsidi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan, hal itu bakal diambil pada Mei mendatang.

"Kebijakan dan rencana aksi yang akan dijalankan Insya Allah pada bulan Mei sudah siap," kata SBY saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2012 di Jakarta kemarin (26/4).

SBY membeberkan tiga hal yang akan dilakukan pemerintah. Yakni, mengurangi penggunaan volume BBM secara signifikan, meningkatkan penerimaan dan pendapatan negara, serta melakukan penghematan dan efisiensi atas pengeluaran pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Masalahnya, opsi yang tersedia tidak cukup banyak untuk mengatasi permasalahan tersebut. Meski begitu, SBY yakin pertumbuhan ekonomi tetap terjaga di angka 6,5 persen. Di sisi lain, APBN dan fiskal aman dan sehat.

JAKARTA - Pemerintah akan segera mengumumkan langkah pengendalian bahan bakar minyak (BBM) untuk mencegah melonjaknya subsidi. Presiden Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News