Pemerintah Pilih Tunggu Hasil KNKT

Dirintis Sejak Era Megawati

Pemerintah Pilih Tunggu Hasil KNKT
Pemerintah Pilih Tunggu Hasil KNKT
JAKARTA - Pemerintah lebih memilih berhati-hati dalam menyikapi jatuhnya pesawat Merpati MA-60 di Kaimana, Papua Barat. Terutama berkaitan dengan sorotan bahwa pesawat itu pernah ditolak masuk ke Indonesia karena dianggap tidak cocok dengan kondisi geografis, serta tidak memiliki lisensi Federal Aviation Administration (FAA).

"Jangan berspekulasi dulu. Nanti kita soal-soal gitu membuat gaduh kita sendiri," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa di komplek Istana Presiden, kemarin (9/5). Dia meminta untuk menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Nanti apa penyebabnya, baru kita lakukan langkah-langkah," sambungnya.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi juga berpendapat sama. Yakni menunggu hasil kerja KNKT. "Kalau terlalu cepat ambil kesimpulan, nanti premature," katanya di sela mengikuti kunjungan kenegaraan PM Laos Thongsing Thammavong di Istana Merdeka.

Dia membantah jika pengadaan pesawat jenis MA-60 itu bermasalah. Menurut dia, pengadaan itu juga dilengkapi dengan kontrak kerjasama. "Itu beberapa kali dilakukan evaluasi. Kemudian ada badan kelayakan yang menentukan layak tidaknya pesawat itu dioperasikan. Tentu juga melihat pengalaman-pengalaman negara lain," papar Freddy.

JAKARTA - Pemerintah lebih memilih berhati-hati dalam menyikapi jatuhnya pesawat Merpati MA-60 di Kaimana, Papua Barat. Terutama berkaitan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News