Pemerintah Pusat Didorong Bangun Sekolah Pelayaran Terbaik di Kepri

Pemerintah Pusat Didorong Bangun Sekolah Pelayaran Terbaik di Kepri
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - TANJUNGPINANG - Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan wilayah Kepulauan Riau itu lebih dari 95 persen adalah perairan, sisanya merupakan daratan.

Sayangnya, sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidang kelautan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masih sangat minim. Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa Kepri perlu banyak SDM yang berkompeten di bidang ini.

Ia meyakini ketiadaan SDM yang memadai merupakan penyebab pertumbuhan pembangunan di bidang kelautan terkesan lamban selama ini. 

Tidak ada cara lain, tegasnya, selain memperbanyak sekolah menengah atau mendirikan sekolah tinggi di bidang kelautan atau pelayaran. "Itu yang sudah banyak kali saya sampaikan. Saya ingin pemerintah pusat bangun sekolah pelayaran yang bagus di Kepri," ungkapnya. 

Dari situ, besar harapan Nurdin, Provinsi Kepri mampu melahirkan pelaut-pelaut unggul. Generasi-generasi baru yang dapat memaksimalkan potensi kelautan Kepri. Baik itu dari sisi ekonominya, budayanya, maupun pemanfaatan segala hal yang terkandung dalam 95 persen wilayah laut Kepri. 

"Setidaknya secara nasional, butuh 20 ribu orang lagi untuk pekerja laut di Indonesia. Anak-anak muda Kepri, saya lihat, punya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata kepala daerah yang punya latar belakang pendidikan nautika ini. 

Di mata Nurdin, anak-anak muda Kepri sudah berjiwa bahari. Itu modal besar yang tidak terbeli. Belum semua daerah di Indonesia, kata dia, mampu melahirkan generasi muda sedemikian rupa. Hanya saja, jiwa tinggal jiwa bila tidak dibangun melalui pendidikan dan pembelajaran yang mumpuni. 

"Kalau ada sekolah pelayaran, saya yakin sekali, anak-anak Kepri bisa menjadi pelaut unggul," katanya yakin. 

TANJUNGPINANG - Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan wilayah Kepulauan Riau itu lebih dari 95 persen adalah perairan, sisanya merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News