Pemerintah Segera Bangun Transportasi LRT di Tiga Kota Ini

Pemerintah Segera Bangun Transportasi LRT di Tiga Kota Ini
Presiden Jokowi menjajal LRT pertama Indonesia di Palembang, Jumat (13/7). Foto: Foto Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Selain di Palembang dan Jakarta, Presiden Joko Widodo menargetkan tiga kota besar lainnya di Indonesia segera memiliki transportasi massal Light Rail Transit (LRT).

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi usai uji coba perdana LRT Pelambang, sekaligus yang pertama di Indonesia pada Jumat (13/7).

"Saya ingin agar kereta ringan LRT Palembang bisa dijadikan contoh kota besar di Indonesia yang saya kira mulai padat dan macet dan membutuhkan transportasi massal. Dan ini akan lebih efisien dibanding dengan mobil pribadi," ucap Jokowi.

Rencananya pemerintah akan membangun LRT di kota besar lainnya, yaitu Surabaya, Bandung, dan Medan. Presiden menuturkan tiga kota tersebut kini sedang dalam perencanaan matang dan sebentar lagi akan dimulai.

Usai menjajal LRT Palembang, suami Iriana juga mengaku sangat senang. Apalagi seluruh konstruksi, hampir 95 persen, dikerjakan dengan bahan lokal.

"Local content-nya 95 persen. Keretanya kurang lebih 40 persen jika dikerjakan INKA untuk gerbong dan gerbong 100 persen. Hanya mesin yang berasal dari Bombardier, Jerman," jelas Presiden Ketujuh RI itu.(fat/jpnn)


Selain di Palembang dan Jakarta, Presiden Joko Widodo menargetkan tiga kota besar lainnya di Indonesia bisa segera memiliki transportasi massal LRT.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News